Search
Wednesday 13 November 2019
  • :
  • :

MURAL SMK N 46 JAKARTA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan program pengecatan tiang jalan layang nontol (JLNT) di Kasablanka, Jakarta Selatan. Peresmian tersebut ditandai dengan pengecatan salah satu tiang yang berada di depan Kantor UPT Laboratorium Lingkungan Hidup DKI Jakarta oleh Anies-Sandi.
Anies menjelaskan program pengecatan ini merupakan komitmen Pemprov untuk menghadirkan Jakarta sebagai ruang ekspresi budaya. Ia juga ingin melibatkan anak-anak, khususnya pelajar sekolah menengah kejuruan, di Jakarta untuk menyalurkan kreativitasnya melalui program ini.

“Program ini salah satu yang mendasar, kita ingin hadir di Jakarta adalah Jakarta ruang ekspresi seni-budaya,” kata Anies seusai peresmian di Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2017)

Untuk permulaan, Pemprov DKI melibatkan SMK 46 dan SMK 58. Nantinya, ia berharap program ini akan dilakukan di banyak tempat dengan melibatkan seluruh sekolah menengah di Jakarta.

“Hari ini kita mulai dengan memberi kesempatan kepada teman-teman dari SMK untuk melukis tiang-tiang jalan layang di Jalan Kasablanka. Dan kita nanti akan melakukan di banyak tempat. Ini baru dimulai. Dan gambar mural ini diharapkan memberikan suasana yang berbeda dan yang penting adalah anak-anak diajak terlibat,” ujarnya.

Sandiaga ikut mengecat tiang JLNT yang akan dibuat mural
Sandiaga ikut mengecat tiang JLNT yang akan dibuat mural (Marlinda Oktaviana Erwanti/detikcom)

Gubernur menjelaskan program ini direncanakan pada akhirnya satu sekolah menengah atas dapat melukis satu tiang yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Setiap tahun, lanjutnya, akan ada gambar mural baru yang akan dilukis oleh pelajar kelas XI SMA agar setiap tahun nuansanya terus berganti dan tidak membuat bosan.

“Dan adik kelasnya ditantang untuk membuat lebih bagus daripada kakak kelasnya. Terus satu sekolah dengan sekolah lain akan (bertanya) bagaimana tuh lebih bagus gambarnya, satu sama lain. Jadi suasananya suasana berkarya berlomba mana yang lebih baik lintas angkatan, lintas sekolah. Itu desainnya. Kita mulai dari sini mudah-mudahan bisa berkembang,” ujarnya lebih lanjut.

Sebelumnya, saat membuka acara, dalam sambutannya, Sandi menuturkan, ide program pengecatan tiang ini merupakan ide Anies. Ide ini tercetus saat Anies dan ia berkeliling Jakarta.

SUMBER DETIK.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *